Korem 082/CPYJ Peduli Pelestarian Burung

Standar

teks : prayogi waluyo
foto : doc PenRem 082 Mojokerto

Danrem 082CPYJ bersama tim yang berhasil menyabet tropi juara umum (humas PenRem)

Danrem 082CPYJ bersama tim yang berhasil menyabet tropi juara umum (humas PenRem)


MOJOKERTO (BM) – Kelestarian satwa burung di tanah air mulai terancam punah. Pelbagai pihak telah berupaya melakukan langkah terobosan dalam pengembangan dan pelestariannya. Hal itu juga dilakukan Korem 082CPYJ dengan menggelar lomba burung berkicau di lapangan Cikaran Jalan Gajah Mada Kota Mojokerto.

Danrem 082/CPYJ Kolonel Czi Suparjo, mengatakan lomba burung selain penting untuk pengembangan satwa, juga ternyata eksesnya sangat luar biasa pada masyarakat. Terutama dapat menyerap tenaga kerja dan bisa meningkatkan perekonomian bagi rakyat kecil.

“Misalnya, pembuatan sangkar burung dari yang murah sampai yang mahal, dan aksesoris sangkar burung, serta berbagai makanan burung, ini bisa melibatkan dan membutuhkan tenaga kerja dari manusia. Bahkan berdampak positif pula terhadap dunia pariwisata ” papar Danrem

Melalui lomba burung lanjut Danrem, ternyata juga dapat menghasilkan dan mengembangbiakkan burung-burung yang sudah langka dengan baik. Seperti di Jawa yang dulu terkenal dengan burung cucakrowo yang hampir punah, namun sekarang burung cucak rowo, dapat dikembangkan. “Maka dari itu saya sangat mendukung lomba burung berkicau ini untuk dijadwalkan secara rutin tiap tahunnya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Lomba Burung Berkicau Danrem Cup-I se Jawa Timur Tahun 2014, Mayor Inf Gandu Widiyo Putro mengatakan lomba adalah untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat perburungan dalam mendukung pembangunan kepariwisataan dan perluasan lapangan kerja di Mojokerto, khususnya usaha mandiri disektor informal.

Lomba burung berkicau bertajuk Danrem Cup I 2014 diikuti 657 kontestan dari pelbagai wilayah di Jawa Timur. Ada 24 kelas yang dilombakan untuk memperebutkan tropi Danrem.

Hadir dalam lomba burung yang diselengarakan Minggu (09/11) Danrem 082/CPYJ Bupati Mojokerto H. Mustafa Kamal Pasha SE, Asisten – I Kota Mojokerto mewakili Walikota Mojokerto H. Mas’ud Yunus, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, Kapolres Kab. Mojokerto , Kapolres Kota Mojokerto , Kepala Pengadilan Negeri Mojokerto dan Kajari Mojokerto.

Dalam kesempatan itu Danrem 082/CPYJ, didampingi segenap Forpimda Kabupaten dan Kota Mojokerto berkenan menaikkan sangkar burung favoritnya ke atas Bantangan saat mengawali lomba. (gie*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s