Bang Boy : Selamat Bergabung di BnR kepada Juri BnR Angkatan IV

Standar

naskah & foto : prayogi waluyo
Secara simbolis Bang Boy didampingi M. Kadafi menyerahkan sertifikat yang diwakili masing-masing wilayah
Diklat Juri BnR Angkatan IV 2013 yang telah berlangsung selama tiga hari, resmi ditutup Bang Boy selaku Pendiri Yayasan BnR, di ruang Rektorat Universitas Malayahati Sabtu (09/02) pukul 21.00. Dalam acara penutupan itu, Bang Boy didampingi Ketua BnR Sumatera, M Kadafi SH.MH dan jajaran petinggi Yayasan BnR Pusat, mengucapkan selamat bergabung sebagai juri BnR kepada 27 peserta.

Bang Boy juga berpesan agar mengutamakan hati nurani selama melaksanakan tugas sebagai juri BnR. Ini sangat penting dan harus menjadi landasan utama dalam memberikan kepuasan kicaumania yang melombakan burung jagoanya di even BnR. “ BnR itu dibenci oleh kicaumania tapi juga dirindukan. Buktinya banyak yang menanyakan dan menanti untuk ikut lomba yang digelar BnR atau yang menggunakan juri BnR,” ujarnya.

Tak hanya itu, orang nomer satu di BnR juga menegaskan sebagai juri BnR harus netral dalam melaksanakan tugas penjurian. Tidak boleh mengutamakan kepentingan golongan. Misal suku atau agama. Dalam memilih dan memutuskan burung yang layak juara harus berdasarkan kinerja burung tersebut saat tampil di arena lomba.

Masih kata Bang Boy, sebagai juri BnR dilarang tergiur dengan adanya suap yang dijanjikan kicaumania apabila burung jagoannya dimenangkan. “ Pokoknya bekerjalah dengan hati nurani, jika ingin lama dan selamat sebagai juri BnR. Sebab kinerja kalian terus dipantau. Saya akan memberi bonus Rp 1 juta apabila ada yang memberi informasi yang bisa dipertanggungjawabkan perihal rekannya yang nakal saat sedang bertugas,” ungkapnya.

Sebaliknya, apabila kinerja juri dinilai cukup bagus, baik dari hasil penilaian pengurus BnR dan kicaumania, maka status juri tersebut akan naik menjadi juri nasional. Secara otomatis juri tersebut akan ditugaskan pada even berskala nasional. Ini bentuk di antara reward yang diberikan Yayasan BnR kepada juri yang memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi.

Sementara M Kadafi SH.MH menambahkan, setelah bergabung sebagai juri BnR hendaknya jangan memiliki jiwa sombong. “Ini lho saya sekarang sudah menjadi juri BnR,” ujar Rektor Universitas Malayahati. Pesan Kadafi itu mengisyaratkan kalau sebagai juri BnR bukan sekadar simbol atau status semata. Tapi sebagai profesi yang harus dipertanggungjawabkan tehadap kicaumania yang telah percaya atas kinerja juri BnR.

Bang Boy juga menegaskan sebagai juri BnR harus yakin atas keputusan dalam menentukan burung yang layak sebagai juara. Bahkan kata Bang Boy sebagai wujud pertanggung jawaban juri, saat di even BnR Award hasil rekap nominasi akan ditempel. Hal itu supaya kicaumania tahu siapa juri yang telah memberi nominasi atau tidak terhadap burung jagoannya. “ Dengan demikian juri benar-benar akan bertanggung jawab. Bukan berlindung di jajaran pengurus ketika ada peserta yang protes lantaran burung jagoannya tidak mendapat nominasi.

Diakhir acara Bang Boy dan Bang Kadafi mengucapkan selamat bergabung sebagai juri BnR. Dan optimis dalam menjalankan tugas dengan landasan mengutamakan hati nurani. Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis sertifikat peserta Diklat Juri BnR Angkatan IV 2013 yang diwakili masing-masing wilayah Jabodetabek, Jambi, Padang, Lampung, Kaltim dan Palembang, Medan serta Batam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s