Konkurs Perkutut Korwil Jatim Cup Surabaya, Gajah Mada Kandaskan Lawan

Standar

penulis : dasuki

Cuaca memang tidak begitu panas. Mendung yang menggelayut di atas Lapangan Citra Land Surabaya, lokasi digelarnya Konkurs Seni Suara Burung Perkutut Korwil Jatim Cup, seakan begitu setia menemani pelaksanaan acara milik komunitas penghobi perkutut tanah air.

Dua hari berturut-turut, cuaca panas tidak menyapa meski hanya sebentar. Kondisi ini tentu memberikan dampak yang tidak kecil pada penampilan perkutut yang umumnya membutuhkan sinar panas matahari untuk mendukung performanya di atas kerekan.

Namun, bagaimana lagi. Mendung memang tidak mampu pergi jauh meninggalkan lokasi konkurs. Yang terpenting adalah, hujan tidak sampai mengganggu jalannya acara. Perkutut peserta yang dikerek dalam sangkar sepertinya harus berusaha tampil bagus meski cuaca kurang mendukung dan mengkondisikan dengan keadaan yang ada.
Begitu halnya dengan beberapa peserta, seperti Gajah Mada, Benzema, Beauty, Reinkarnasi dan Laksamana Bahari. Gajah Mada, perkutut orbitan dan produk Terminal Surabaya, pada awal penjurian memang kurang begitu menyolok. Memasuki babak kedua, mulai terlihat penampilan Gajah Mada yang lebih mempesona.
Masa isitirahat setelah babak kedua berakhir, malah semakin membuat Gajah Mada makin menggila. Perolehan nilai sepertinya sudah berada di atas angin. Di babak ketiga inilah perkutut bergelang Terminal mampu meraih poin 44. Sampai akhirnya, ketika babak keempat dinyatakan selesai dan kertas penjurian berada di meja perekap, Gajah Mada secara mutlak dinyatakan sebagai pemenang pertama.
Disusul kemudian oleh Benzema, perkutut andalan Roni Tasikmalaya bergelang MMC yang dikerek pada nomor 35. Beauty, jago Tim MTG Bekasi yang selama ini selalu menjadi primadona harus puas berada di urutan ketiga. Kali ini perkutut bergelang Cendana Surabaya ini memang harus mengakui keunggulan lawan-lawannya.
Reinkarnasi, perkutut orbitan H. Muhammad Surabaya bergelang Panca Warna menerima penghargaan di posisi keempat dan Laksamana Bahari, milik Jhonny TGM Cirebon, perkutut bergelang TGM menempati tempat kelima. Sejak awal, heroik yang seringkali terlihat di kelas ini tidak nampak menyolok. Para pendukung di masing-masing kubu, terlihat tidak banyak mengeluarkan energi untuk mensupport perkutut jagonya. Padahal di kelas inilah keramaian para supporter selalu menjadi pemandangan khas mereka ketika jagoannya berada di atas kerekan.
Berbeda halnya di Kelas Dewasa Yunior. Para pendukung masing-masing kubu terlihat begitu menyolok. Terutama sekali pada kubu perkutut yang berada di atas kerekan bernomor 229 yakni Black Berry orbitan H. Cholil Surabaya. Perkutut yang merupakan ternakan BPD ini memiliki pendukung lebih besar, lebih kompak dan membuat suasana semakin panas dan menyenangkan.
Meski pada akhirnya support yang diberikan untuk Black Berry hanya bisa mengantarkannya pada posisi runner-up, namun kesan yang muncul bahwa mereka sudah berusaha sekuat tenaga dalam memberikan dukungan pada jagonya. “Ya, inilah perlombaan, kadang harus menang kadang pula harus menerima kenyataan gagal meraih posisi puncak, namun saya masih memiliki kenyakinan bahwa Black Berry akan siap menjajal kembali lawan-lawannya pada konkurs selanjutnya,” tegas H. Cholil yang ditemui usai penjurian.
Sedangkan posisi pertama diraih KPK, andalan H. Iwan Tim MTG Bekasi perkutut bergelang TP yang berada pada nomor kerekan 211. Dilanjutkan oleh Sinyo, andalan Asep PJ Cirebon perkutut bergelang Puspa Jaya di tempat ketiga. Afin 1 milik Icang Sumenep perkutut produk HK mendapatkan tempat di urutan keempat dan Cairo, milik H. Mudi Sampang bergelang Hoyer di posisi kelima. Dengan berakhirnya semua penyerahan trophy dan doorprize, maka berakhir pula rangkai acara. – dsk/prayogi waluyo

Teks Foto :
Foto 1 : Sambutan Ketua Umum P3SI, H. Zainuri Hasyim, selalu hadir di setiap konkurs.
Foto 2 : Pelepasan burung perkutut sebagai tanda di mulai acara konkurs.
Foto 3 : Pemenang di Kelas Dewasa Senior, Gajah Mada masih memimpin.
Foto 4 : Pemenang di Kelas Dewasa Yunior, KPK tak mampu terbendung lawan.

Juara Korwil Jatim Cup
Dewasa Senior
1. Gajah Mada Tim Terminal-Surabaya Terminal
2. Benzema Roni-Tasikmalaya MMC
3. Beauty Tim MTG-Bekasi Cendana
4. Reinkarnasi H.Muhammad-Surabaya Panca Warna
5. Laksamana Bahari Jhonny TGM-Cirebon TGM
6. Caesar Yusuf-Baqi-Tangerang Bamara
7. Bintang Timur H.Adras R-Surabaya Permata
8. Prabu Yusuf/Baqi-Tangerang Haas
9. Baginda H.Gunawan-Bangkalan Amuse
10. Formalin H.Rochim-Malang Wira’s
11. Putra Mahkota Nyoto-Surabaya Nyoto
12. Putra Setia H.Bunadji-Surabaya Jangkar Mas
13. Baleno Didik/Efendi-Probolinggo Kompak
14. Komando Nyoto-Surabaya Nyoto
15. Bintang Kejora H.Gito/Eko Exist-Malang President
16. Kerekan 117
17. Kerekan 121
18. Kerekan 126
19. Lanceng Praben H.Nury-Cikarang Nury
20. Bondronoyo Grand Master-Surabaya Grand
Dewasa Yunior
1. KPK H.Iwan-TimMTG TP
2. Black Berry H.Holil-Surabaya BPD
3. Sinyo Asep PJ-Cirebon Puspa Jaya
4. Arifin 1 Icang-Sumenep HK
5. Cairo H.Mudi-Sampang Hoyer
6. Beauty Jr Kekyu-Tulungagung Audi
7. Topan H.Anas-Jakarta AL
8. New Mandolin Yan Soeta-Solo RIG
9. Ayu H.Arifin-Jakarta Double G
10. Pertamax Donny Soewoyo-Palembang Raja
11. Tamikor Asep-Cirebon Idola
12. Putra Panggung H.Hasan Basri-Sumenep Ika Jaya
13. Andin Icang-Sumenep DWR
14. Gendang Mataram Ris-Bantul Horison
15. Afin 2 Icang-Sumenep HK
16. Rambo Madura H.Sahry-Mojokerto Jupiter
17. Delima Sentral BF-Trenggalek Central
18. Inova Hendro-Ponorogo Istana
19. Naga Bonar Anton-Bekasi Raja
20. Kerekan 186

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s