BnR – Bang Boy Disambut Hangat Kicaumania Jatim

Standar

penulis : prayogi waluyo

Bang Boy saat ngobrol santai bersama kicaumania Jatim di Surabaya


Cukup lama BnR tidak menyapa kicaumania Jawa Timur. Rasa kangen untuk mempererat tali persahabatan pun begitu lama terpendam. Namun perasaan serasa plong ketika di sebuah resto di tengah kota Surabaya sebagai tempat temu kangen BnR dan kicaumania Jawa Timur. Acara menjadi sangat special dan bernuansa akrab dengan hadirnya Bang Boy dan Kang Sofyan, sosok yang ditunggu – tunggu kicaumania Jawa Timur.

Kicaumania Surabaya


Malam itu nuansa di ruangan lantai 2 di resto Dapur Desa jalan Basuki Rahmat Surabaya benar – benar mamancarkan suasana melepas kangen. Obrolan santai antara Bang Boy dan Kang Sofyan bersama kicaumania Jawa Timur berjalan ganyeng. Saling curhat dan saling mendukung program demi kemajuan perburungan di Jawa Timur menyelimuti acara yang berlangsung mulai pukul 19.00 s.d 23.00 WIB.

Kicau Aremania


Suramadu BC


Meski pertemuan ini bukan kali pertama bagi BnR bersama kicaumania Jawa Timur, namun Bang Boy maupun Kang Sofyan tetap memahami makna sebuah etika sopan santun ketika bertamu ke rumah orang. Seperti halnya tradisi yang diwariskan nenek moyang kita yang hingga dikenal negeri ini sebagai bangsa yang berbudaya.

Kicaumania Madura Bersatu


Tata krama dengan istilah permisi dan kulo nuwun ketika memasuki rumah maupun daerah milik orang lain dan berkomunikasi dengan para sesepuh benar – benar dipegang teguh oleh Bang Boy dan Kang Sofyan. Sikap itu terbukti ketika Bang Boy dan Kang Sofyan yang berkali-kali sambutannya mengucapkan kulo nuwun kepada para sesepuh di dunia perburungan Jawa Timur yang hadir dalam acara tersebut. Bahkan salam hormat dan kenal disampaikan pula bagi kicaumania yang masih ia belum kenal.
Sikap yang mengundang simpati kicaumania ini membuat suasana makin akrab. Bahkan obrolan tatap muka langsung dengan Bang Boy sangat dirasakan luar biasa bagi kicaumania yang selama ini hanya mengetahui sosok Bang Boy dari media cetak dan televisi.
Segala saran bahkan kritikan kepada BnR yang disampaikan kicaumania demi kemajuan bersama ditanggapi Bang Boy dengan penjelasan yang tidak ada kesan ditutup – tutupi. Bahkan ada beberapa hal yang diakui oleh Bang Boy ini sebuah proses menuju baik.
Melihat sikap Bang Boy dalam menyikapi permasalahan membuat kicaumania makin optimis untuk mendukung segala program BnR memajukan dunia perburungan khususnya di Jawa Timur kelak. Hampir semua pernyataan kicaumania yang hadir berharap agar BnR kembali meramaikan dunia perburungan di Jawa Timur, tak hanya di Surabaya saja tapi juga kota-kota yang lain.
Bahkan sebuah bird club yang ada di Pare Kediri berharap bisa bekerjasama dalam menggelar lomba. Juga mengharapkan support atau bantuan untuk mengembangkan tempat latihan yang sudah ada. Meski demikian tetap saja kicaumania di Jawa Timur ingin mengetahui atau mendapat penjelasan secara langsung dari Bang Boy terkait kinerja juri, pakem yang digunakan dan sistem penjurian. Juga sanksi apa yang bakal dikenakan pada juri BnR yang melanggar.
Dan yang menarik lagi dalam pertemuan itu juga terlontar pertanyaan terkait dengan program penangkaran yang kerap digembar-gemborkan BnR, banyak kicaumania yang menanyakan tentang sistem kerjasama dalam hal penangkaran.
Segala pertanyaan dijawab secara gamblang oleh Bang Boy dan Kang Sofyan yang membuat kicaumania semakin paham semua program BnR di dunia perburungan. Seperti beberapa hal yang diakui Bang Boy meski sudah lama membuka cabang di Jawa Timur, namun BnR kiprahnya belum banyak dirasakan kicaumania. Oleh sebab itu, mulai sekarang sedang dilakukan pembenahan dan regenerasi kepengurusan. Sebagai langkah awal, BnR sudah membuka kantor baru di Ruko Rungkut Megah Raya jalan Kali Rungkut Surabaya.
Sedangkan terkait dengan penyelenggaraan lomba, memang nantinya tidak hanya di Surabaya saja, tapi juga kota-kota yang lain. Bahkan untuk kedepannya juga akan digelar lomba dengan sistem Liga di beberapa wilayah di Jawa Timur.
Sementara untuk bantuan dana lomba, mulai sekarang BnR sudah tak lagi memberikannya kecuali untuk kegiatan bakti sosial. Tapi meski begitu, BnR akan memberikan support pendanaan lomba yang bekerjasama dengan BnR dengan sistem 50:50. Dengan catatan, jika rugi BnR yang menanggung, tapi jika untung, modal yang dari BnR dikembalikan.
Mengenai sistem penilaian dan kinerja juri BnR, Bang Boy menjelaskan, dalam setiap kelas ada 6 juri yang bertugas dan masing-masing wajib mengajukan 3 burung nominasi. Saat bertugas, juri juga dilarang untuk berbicara dengan sesama juri maupun dengan peserta.
Meski diakui tidak semua juri BnR pinter atau mahir dalam menilai burung, tapi akan selalu dilakukan pembinaan. Agar kedepannya bisa lebih baik dan profesional. Selain itu, setiap tahun juga dilakukan evalusia pada seluruh juri terkait kemampuan dan profesionalitasnya.
Jika diketahui ada indikasi oknum juri BnR yang tidak fair atau melakukan kesalahan secara fatal, maka akan langsung ditindak tegas, bahkan bisa dengan pemecatan. Di sisi lain, BnR juga berharap agar kicaumania di jawa Timur menjunjung tinggi sportifitas dan mentatati tata tertib atau aturan main di BnR.
Sementara untuk hal penangkaran, BnR akan memberikan subsidi pakan dan membantu pemasaran hasil tangkaran. Namun hal itu baru bisa diberikan jika penangkar atau breeder telah tergabung dalam Persatuan Penangkar BnR, yang nantinya juga akan dibentuk khusus untuk wilayah Jawa Timur.
Untuk pemerataan produk, seperti tabloid maupun pakan dan sangkar memang sedang dilakukan pembenahan. Dengan dibukanya kantor baru tersebut memang salah satu tujuannya agar seluruh produk BnR termasuk liputan akan merata di seluruh kota di Jawa Timur. *

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s