Kusut Rajanya Murai Sumatera

Standar


penulis : yudi
Tak bisa dibantah kalau nama Kusut murai batu milik Yongka dari Jambi kini menjadi rajanya murai batu dari Sumatera. Semua even yang diikutinya nyaris tak terkalahkan, dan lomba yang diikutinya di even bergengsi dengan hadiah cukup besar.
Even baik yang diusung oelh BnR serta Independen seperti Bupati Bukit Tinggi, Walikota Pekanbaru, Galaksi Cup di Lubuk Linggau, Bupati Lahat, Kapolda Cup Sumatera Selatan semua kelas yang dikutinya diraih dengan kemenagan mutlak. Sudah lebih seratus juta kocek rupiah yang dihasilkan dari Kusut.

Kelebihan yang dimilki Kusut, irama. lagu serta isiannya cukup bervariasi dan tampil stabil dari awal samapai akhir. Terlebih sosok Yongka yang spesial di murai batu. Nama Kusut diambilnya yang merupakan murai batu cukup istimewa, akan tetapi lagunya tak beraturan.

Berkat kejelian serta ilmu yang dimiliki,Yongka memilih Kusut untuk disimpan dan sampai 2 kali mabung baru diturunkan lagi. Selama masa mabung Kusut di master 15 burung isian. Jarak per 2 minggu satu persatu diisi oleh burung masteran. Hasilnya Kusut kini menjadi paling ditakuti dan tak pernah terkalahkan selama dijajal kelomba.

Walaupun begitu Yongka lebih banyak dimainkan ke lomba-lomba di Sumatera. Kesibukannya dalam ekerjaannya, memaksa Kusut diturunkan di even-even Suamtera, walaupun begitu berkualitasnya sampai saat ini sulit ditandingi murai batu manapun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s