Mark Up Nilai Kejuaraan di Ruang Rekap

Standar

oleh : prayogi waluyo

Sebaiknya lebaran kertas rekap hasil penilaian juri, copy-nya langsung disobek saat masih berada di arena kontes. Selanjutnya ditempel di papan yang telah disediakan panitia. Tidak perlu dibawah masuk ke ruang juri. Tujuan tidak ada mark up nilai hasil penentuan burung yang masuk 10 besar pilihan kru juri. Apakah penyelenggara lomba mau melaksanakan?

Penyelenggara lomba harus berani melakukan cara lembaran copy rekap hasil penilaian langsung disobek di lapangan sebelum dibawah masuk ke ruang juri. Cukup lembaran kertas putih saja yang dibawah untuk diberikan ke bagian rekap. Copy-nya langsung ditempel saja, sebab nilai tersebut masih murni belum direkayasa.
Sebenarnya tidak ada alasan bagi penyelenggara lomba untuk melakukan hal itu. Kalau sudah masuk ke ruang juri, tidak menutup kemungkinan perubahan nilai hasil dari lapangan yang diberikan juri ke koordinator bisa diubah. Cara seperti inilah yang memberi ruang untuk ber- KKN.
Apabila sudah disobek di lapangan, bakal mengalami kesulitan jika ada pelomba yang ingin main tek-tek dengan panitia untuk mengubah nilai. Semisal, pemilik A yang menurunkan burung lalu hasil akhirnya ternyata ada nilai yang mati sehingga juara yang diharapkan tidak bisa diraih. Maka pemilik burung tersebut biasanya main tek-tek dengan panitia untuk mengatrol nilai burung tersebut sehingga bisa masuk kejuraan.
Fenomena seperti ini kiranya bukan suatu rahasia lagi. Simak saja beberapa pelomba yang datang ke ruang panitia atau pun ke ruang juri ketika usai penilain. Ada dua kemungkinan yang kerap dilakukan oleh pelomba kalau datang ke ruang juri. Pertama ia protes, kedua secara diam-diam minta nilai burungnya dikatrol dengan harapan bisa masuk kejuaraan sesuai keinginannya.
Memang tidak semua penyelenggara lomba bisa diajak main tek-tek oleh peserta. Namun kondisi seperti akan berubah kalau mental bagian rekap bobrok, dia bisa main sulapan nilai. Meski demikian bagian rekap tidak ceroboh untuk mengubah nilai. Kalau ngawur dia bisa dikomplain peserta.
Peringkat kejuaraan yang bisa disulap biasanya antara juara IV – X. dengan catatan koncer A,B,C tertancap full, tidak berpencar. Jika berpencar, mereka akan mengotak atik di juara V-X. Tidak sedikit pula bagian rekap yang jago sulapan nilai hasil rekapan juri di lapangan. *

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s