“Chivas” Taklukkan “Mahameru”, “Salju” Tampil Bersinar di Spesial Blawong Putih Jombang, Jawa Timur

Standar

oleh : andiz aziz
birojatim

Siswandi bersama kru mengawal Shivas


Latber Spesial yang rutin digelar oleh Blowong Putih BC pada hari Jumat di Minggu ketiga setiap bulan kini diganti menjadi hari Sabtu. Event perdananya dimulai pada Sabtu kemarin (19/6), bertempat di markas Blawong Putih di Desa Tunggorono, Jombang, Jawa Timur.
Menurut Mujiono, ketua Blawong Putih BC, perubahan jadwal Latpres tersebut atas permintaan para kicaumania. Karena menurut mereka, hari Sabtu adalah hari yang tepat untuk diadakannya event Latber maupun Latpres. Karena pada hari itu, seluruh kegiatan rutin yang dilakukan sebagian besar kicaumania hanya berlangsung setengah hari. Artinya, mereka bisa leluasa menyalurkan hobinya pada hari itu.

Di genggaman San Fokus, Salju tampil berkilau


Sementara jika dilakukan pada hari-hari kerja lainnya, mereka tidak bisa melakukannya secara maksimal. “Sedangkan pada hari Minggu, menurut mereka adalah hari untuk keluarga. Belum lagi jika ada lomba besar yang memang umum dilakukan pada hari Minggu, tentu akan sulit untuk mengaturnya,” ungkap Mujiono.
Jika tidak ada lomba besar di kota-kota sekitarnya, event Latber maupun Latpres Blawong Putih tersebut memang tepat. Tapi jika ada lomba, event tersebut pasti akan terkena imbasnya. Seperti yang terjadi kali ini, tak banyak peserta yang hadir. Karena pada hari Minggu esoknya akan ada beberapa event lomba yang digelar di sekitar Jombang. Yaitu di Babat, Batu, dan Madiun.
Akibatnya, banyak peserta yang tak ikut dalam event Latpres tersebut karena mempersiapkan gacoannya untuk lomba pada hari Minggu keesokannya. Dari tiap-tiap kelas yang dilombakan dalam Latpres, rata-rata jumlah pesertanya tak lebih dari 30 burung. Bahkan untuk beberapa kelas yang sedianya akan dilombakan 2 sesi terpaksa hanya sekali saja karena minim peserta.
Meski begitu, event yang dimulai tepat pada pukul 14.00 WIB tersebut berlangsung meriah dan sukses hingga selesai pada pukul 16.30 WIB. Pertarungan-pertarungan seru terjadi di hampir semua kelas, terutama yang selama ini memang menjadi favorit kicaumania di Jombang. Yaitu, Cendet, Kacer, Cucak Ijo dan Love Bird.
Pada kelas Cendet Bintang, terjadi pertarungan yang cukup sengit. Perlawanan yang paling menonjol ditunjukkan oleh 5 peserta. Yaitu “Mahameru” milik Mr. Glembo dari Jombang, “Chivas” milik Siswandi juga dari Jombang, “Rossi” milik Andik dari Trowulan, dan “Predator” milik Alex dari Tuban, serta “Pistol” milik Ama dari Warujayeng.
Dari awal digantangkan hingga berakhirnya penilaian, kelima burung tersebut tak henti-hentinya bernyanyi. Kelimanya sama-sama memiliki speed yang bagus, variasi lagunya juga sama-sama beragam. Yang berbeda dari kelima peserta tersebut adalah kestabilannya. Pada sesi pertama ini, “Mahameru” tampil paling prima hingga membuatnya bertenger di posisi pertama.
Sementara pada sesei kedua, penampilan “Mahameru” menurun drastis hingga membuat nilainya terpuruk jauh dan tak mendapatkan satupun koncer. Sementara yang terjadi pada “Chivas” justru sebaliknya. Pada sesi kedua ini penampilannya justru semakin bagus dan nampak paling stabil dari seluruh peserta lainya. Tak salah jika kemudian seluruh juri yang bertugas memberinya koncer A.
Sedangkan pada kelas Love Bird, posisi pertama berhasil diraih oleh “Salju” milik San Fokus dari Kediri. Pertarungan di kelas ini juga tak kalah serunya dengan Cendet. Namun power dan tembakan-tembakan yang dimiliki “Salju” lebih bagus dari lawan-lawannya, hingga iapun dengan mudah melibas rival-rivalnya.
Dan yang tak kalah serunya juga adalah kelas Kacer. Cak Hasan dari Pacet yang nota bene adalah pemain lama tapi sudah hampir 2 tahun off dari dunia perburungan, kini kembali lagi dengan gacoan barunya yang diberi nama “”Tragedi”. Sayangnya, gacoan baru tersebut harus puas di posisi 3 pada sesi pertama, dikalahkan oleh “Gandrung” dan “Rudal”. Tapi pada sesi kedua ia berhasil memperbaiki posisinya di tempat kedua setelah “Gajah Mada”, gacoan milik Fery dari Jombang. (Andiz)
Daftar Pemenang Latber Spesial Blawong Putih
Anis Merah Bintang
1. Densus P.Eko Kalingga Pare
2. Patah Tulang M.Rahmad P2BEN Mojokerto
3. Melandri Andik Trowulan
Kacer Bintang
1. Gandrung Gogot Warujayeng
2. Rudal Mat Bakso Magetan
3. Tragedi Hasan Welirang BC
4. Hayam Wuruk Edi Ploso
Cucak Ijo Bintang
1. Cendy Karsono Jombang
2. Baginda We’an Jombang
3. Arjuna P.Mul Jombang
4. Sembrani Fendik Seng Fong
Cendet Bintang
1. Mahameru Mr.Glembo Jombang
2. Rossi Andik Trowulan
3. ` Predator Alex Tuban
4. Pistol Ama Lele Warujayeng
Murai Batu Bintang
1. Mahadewa Mr.Kham Jombang
2. Oscar Fendik Seng Fong
3. Amunisi Irul Kertosono
Cucak Jenggot Bintang
1. Ngeyel Bambang Soto Jombang
2. Gitik Lari Cuplis Pare
3. Galilea Edwin Jombang
Kenari Bintang
1. Virus Kapt.Syamsul Seng Fong
2. Hijau Daun P.Heri Flamboyan Jombang
3. Kharisma Anto Jombang
Tledekan Bintang
1. Horeg Hengky Pare
2. Orochi Hoksan Jombang
3. Penari Supri Jombang
Anis Merah Favorit
1. Densus P.Eko Kalingga Pare
2. Ronggolawe P.Ujang Gudo
3. Ronggeng Edy Mojokerto
Love Bird Bintang
1. Salju San Fokus Kediri
2. Putri Anjani Agung W. Warujayeng
3. Ngeyel Yayak Mojoagung
Kacer Favorit
1. Gajah Mada Fery Jombang
2. Tragedi Hasan Welirang 2000
3. Sinchan Bambang Welirang 2000
4. Rudal Mat Bakso Magetan
Cucak Ijo Favorit
1. Sembrani Fendi Seng Fong
2. Gegana Santo BM Seng Fong
3. Golgota Edwin Jombang
Cendet Favorit
1. Chivas P.Siswandi Jombang
2. Popeye Bintang Jombang
3. Pegasus Ari Warujayeng
4. Mahameru Mr.Glembo Jombang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s