Prestasi Cendet Satu Jiwa dan Kacer Surya Gemilang di Sendang Artha Mandiri Cup, Madiun

Standar

oleh: rudy,andiz,fakih
birojatim

Para Panitia Sendang Artha Mandiri Cup

Gelaran perdana yang dikemas secara apik oleh Pondok Kicauan Madiun BC menuai sukses. Tak kurang dari 800 peserta yang datang dari berbagai penjuru Jawa Timur memenuhi Lapangan Perumahan Mojopurno, Wungu, Madiun, Jawa Timur, tempat digelarnya event tersebut.
Menurut Jimmy Sangkar, ketua panitia, even yang diselenggarakan pada Minggu (14/03) ini dalam rangka deklarasi BC, yaitu Pondok Kicauan Madiun yang mendapat dukungan sepenuhnya dari BPR Sendang Artha Mandiri. “Pondok Kicauan Madiun sejak terbentuk pada 6 bulan lalu memang belum sempat dideklarasikan. Baru pada kesempatan yang baik ini kami bisa melakukannya. Dan tentu saja setelah mendapat dukungan banyak pihak, khususnya BPR Sendang Artha Mandiri serta seluruh kicaumania Jawa Timur,” ungkap Jimmy Sangkar pada BnR.
Layaknya lomba besar lainnya, even kali ini juga menyajikan hampir seluruh kelas, yaitu 25 kelas. Lomba diawali dengan kelas Cucak Rowo dan dilanjutkan dengan Punglor Merah Executive. Dan sudah dapat dipastikan, pada kelas yang kedua ini selalu dibanjiri peserta. Dari 60 gantangan, seluruhnya terisi oleh peserta.

Duta Kotaku Bangkit, Bojonegoro

Sementara pada kelas Cucak Rowo, pesertanya masih minim sekali, tak lebih dari 10 peserta. Sehingga pemenangnya hanya diambil 2 saja. Posisi pertama ditempati oleh “Tiger’ milik Bambang Honda, Duta Kotaku Bangkit BC, Bojonegoro.
Yang menarik lagi, pada even kali ini juga ada Trucukan. Padahal kelas ini sudah lama hilang dari daftar kelas lomba. Meski begitu, ternyata animo kicaumania dalam mengikuti kelas tersebut cukup besar, ada lebih dari 10 peserta. Pada kelas ini, “Sego Pecel” milik Wahyu Icuk, dari RRKM, Ponorogo berhasil menempati posisi pertama. Begitu juga dengan Kolibri, pada kelas ini ada hampir 30 peserta.
Sementara untuk kelas Kacer, pertarungannya cukup seru. Gacoan-gacoan papan atas blok timur tumplek blek di even ini.

Vincent (kiri) dengan gacoannya Surya Gemilang

Pada kelas Executive, pertarungan antara “KC-1 Dunkan” milik Alip Caruban dan “Surya Gemilang” milik Vincent dari BnR Madiun cukup sengit. Perhatian keenam juri yang saat itu bertugas langsung tertuju pada keduanya.
Alhasil, setelah melewati sesi penilaian selama kurang lebih 15 menit, para juripun memutuskan “KC-1 Dunkan” berhak atas koncer A atau posisi juara 1. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh “Surya Gemilang”. Namun pada kelas Kacer Bintang, burung asuhan Vincent ini berhasil menempati posisi pertama.
Hal ini tak lepas dari keisitimewaan yang dimiliki “Surya Gemilang”. Menurut si empunya, burung asuhannya ini memiliki keistimewaan pada irama lagu dan kestabilannya. “Dia kalau sudah tancap, tak mau berpindah-pindah. Irama dan volume lagunya juga tak aik turun. Selain itu, isiannya juga banyak, mulai dari Cucak Jenggot, Cililin, Sikatan dan Parkit,” ungkap Vincent pada BnR.

Budi (kiri) perawat Cendet Satu Jiwa

Sementara pada kelas Cendet, posisi pertama pada kedua kelas yang tersedia berhasildisabet oleh “Satu Jiwa” milik H.Bayu dari Antasari BC, Tulungagung. Menurut si empunya, “Satu Jiwa” ini berhasil hattrik karena benar-benar istimewa. Selain memiliki gaya yang nancap (tangkringan tetap tidak pindah), volumenya juga tembus dan lagunya ngerol. Tak hanya itu, burung yang satu ini juga memiliki suara isian Cucak Jenggot, Cililin, Lovebird dan Jangkrik.
Pertarungan sengit juga terjadi dalam kelas Cucak Ijo, pemenangnya adalah ”Lowo Ijo” milik A Siong dari Madiun. Begitu juga dikelas Cucak Jenggot, pertarungan para jawara papan atas ini mampu menguras konsentrasi juri. Alhasil, posisi perama di kelas ini ditempati oleh “Raja Sobek” milik Bambang Honda. (rudy/andiz/fakih)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s