GOLDEN RETRIEVER, Anjing Pintar yang Makin Digemari

Standar

Oleh Gordon
Dimuat tabloid BnR Ed 42 (November 200)

Belakangan ini, mulai banyak jenis anjing yang naik daun. Penggemarnya pun meningkat pesat. Salah satunya, adalah Golede Retriever. Anjing rumah yang pintar ini memang sedang favorit untuk saat-saat ini. Tidak hanya di Indonesia saja, di Amerika pun, anjing ini menduduki peringkat satu dipelihara penghobinya.
Anjing rumah yang pintar ini memang layak untuk dipelihara. Karena, selain pintar, anjing tersebut memang setia dan sangat sayang trhadap anak kecil serta seluruh keluarga di rumah. Di Amerika, anjing ini termasuk peringkat nomor satu dipelihara oleh penghobinya. Dan di Indonesia pun, nampaknya greget orang mulai memeliharanya pun sudah mulai banyak.
Untuk mengenal anjing ini agar bisa dipamerkan, tentu saja dibutuhkan standar resmi untuk anjing tersebut. Adapun standarisasi dari anjing-anjing tersebut, memang di dunia ini ada duayang diakui. Yaitu, FCI dan AKC. Berikut salah satu standarisasi pemeliharaan Golden Retriever menurut standar AKC.
Penampilan General.
Bentuk anjing simetris, kuat, aktif kadang ribut, dan sebaiknya tidak dipelihara hanya satu. Expresinya sangat bersahabat dan secara personal binatang ini sangat menyenangkan, waspada dan selalu percaya diri. Secara alami anjing ini adalah anjing pemburu.
Ukuran pejantan, 22 – 24 inchi tingginya ditarik dari garis punggung sampai telapak kaki. Betina, 21, 5 – 22,5 inchi. Anjing yang berukuran 1 inchi lebih atau kurang mungkin masih bisa diterima bila bentuknya masih proporsional. Kelebihan pada tinggi lebih dari pada 1 inchi bisa berakibat diskualifikasi. Panjang dari tulang ekor hingga kepala perbandingannya dengan tinggi mesti 12 : 11. Berat untuk anjing pejantan 65 – 75 pound, sedangkan betinanya 55 – 65 pond.
Kepala musti lebar, dan tertata dengan baik tanpa harus tampak tonjolan yang nyata dibagian batok kepalanya. Tampak muka musti dalam dan lebar, dan hampir sama panjungnya dengan tulang tengkorak kepalanya. Otot musti kelihatan tertata lembut namun kuat hingga kepala. Ketika dilihat secara profil atau dari atas, nampak lebih dalam dan lebar.
Mata harus tampak bersahabat dan berekspresi pintar. Ukuran medium dengan warna gelap. Warna matanya lebih disukai yang berwarna coklat gelap, tetapi coklat medium masih bisa. Mata yang terlalu menyempit, dan bentuk segitiga dari ekspresinya yang benar bisa dijadikan kesalahan. Telinga agak pndek, dengan ujung menempel dengan baik di belakang tempat di bawah mata dan mendekat sekali dengan dagu.*don

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s