IPB Mitra Penangkaran BnR

Standar

oleh : RR
Dimuat tabloid BnR edisi 41 (Oktober 09)

Bangunan yang dibangun Yayasan BnR untuk digunakan program penangkaran beberapa jenis burung yang ada di Indonesia ini tampaknya mendapat sambutan dari Institut Pertanian Bogor (IPB). BnR memang mencari mitra untuk program penangkaraan ini kebetulan di IPB ada Fakultas Peternakan yang mempelajari tentang cara berternak termasuk jenis burung.
Lahan dan kandang yang disediakan BnR ini kelak bisa menjadi study banding di kalangan mahasiswa IPB. Selama ini setiap penangkaran selalu dilakukan secara alami atau orthodox tetapi dengan BnR bekerjasama dengan Fakultas Peternakan IPB ini akan lebih terarah lagi penangkaran-penangkaran yang ada di Indonesia ini. Para mahasiswa IPB bisa langsung terjun ke lapangan dan sekalian praktek dalam menangkarkan atau istilah yang lebih memasyarakat berternak.
Menjadi Percontohan
Memang cita-cita dari pendiri Yayasan BnR ini adalah agar tempat yang Bang Boy bangun ini bisa bermanfaat bagi dunia perburungan. Beberapa cabang BnR yang tersebar di seluruh Indonesia diminta Bang Boy untuk mencari burung asli daerah masing-masing untuk dicoba ditangkarkan di penangkaran BnR.
Kalau saja semua organisasi perburungan mengerti program BnR ini kemungkinan bisa saling bekerja sama memanfaatkan fasilitas yang BnR punyai. Hasil dari penangkaran nantinya akan dibuat suatu bursa oleh BnR agar kelangsungan hidup para penangkar terjamin dan tempat penangkaran BnR dapat menjadi tempat belajar bagi para penangkar pemula dan mahasiswa Fakultas Peternakan IPB.

Jenis Burung yang Ditangkarkan
Di Indonesia ini memang banyak sekali jenis speices burung yang ada tegantung dari daerahnya. Memang selama ini banyak dari para penangkar melakukan penangkaran hanya yang berkaitan dengan burung-burung yang biasa dilombakan seperti Murai batu, Cucak rowo, Anis kembang, Kacer dan lain sebagainya.
Dalam program penangkaran BnR ini ada beberapa jenis burung selain burung yang biasa dilombakan seperti diambil salah satu contoh Kakaktua, Beo, Jalak Bali yang akan diuasahakan untuk ditangkarkan. Selain itu beberapa jenis burung yang ada di daerah Papua dan Sulawesi juga akan dicoba. Pemeritah memang memprogramkan untuk melestarikan alam ini dengan lebih dahulu menyelamatkan penghuninya dahulu.
BnR Peduli Penangkaran
Begitu antusiasnya pendiri Yayasan BnR dalam melaksanakan program BnR ini sampai Bang Boy memproduksi pakan untuk anakan penangkaran. Pakan ini memang dibuat khusus untuk anakan burung bukan pakan ayam. Bang Boy membuat organisasi bagi penangkaran dibawah Yayasan BnR ada tujuannya dan manfaatnya bagi para penangkaran. Manfaatnya antara lain :
1.Para penangkar akan mendapatkan pelatihan penangkar yang akan mendapatkan pelajaraan bagimana menangkar yang baik serta penyakit yang menyerang burung-burung yang dalam penangkaran.
2.Para penangkar akan diberi pelajaran bagaimana mengatasi anakan agar dapat menekan angka kematiaan pada anakan hasilmpenangkaraan.
3.P2YB (Persatuaan Penangkar Yayasan BnR) akan membantu kepada para penangkar khususnya yang telah terdaftar sebagai anggota penangkar BnR dengan memberi harga khusus untuk pakan anakan hasil penangkaran.
Kalau kita bersama-sama mengerti arti kehidupan dengan menyelamatkan burung-burung yang ada di alam ini jangan kita hanya mengambil mereka untuk dilombakan tapi selamatkan juga mereka dan bagaimana kalau ‘’Dunia Ini Tanpa Kicauan Burung ‘’. Semoga kerja sama yang akan dijalin BnR dengan IPB ini akan menjadi gebrakan pertama dalam penangkaran. RR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s