Jalak Bali Selalu Diincar Pencuri

Standar

oleh : Prayogi Waluyo
Dimuat tablod BnR ed 40 (Oktober 2009)

Tempat-tempat penangkaran jalak bali secara ex-situ, (penangkaran di luar habitat aslinya) telah lama dilakukan Indonesia. Berbagai tingkat keberhasilan penangkaran telah dibuktikan baik di lembaga pelestarian semacam Kebun Binatang atau perorangan.
Namun disisi lain perlindungan dan penangkaran jalak bali yang telah dilakukan Indonesia bisa dikatakan belum berhasil. Masalah perampokan dan pencurian jalak bali, baik di habitat aslinya maupun di tempat-tempat penangkaran, serta lemahnya penegakan hukum terhadap kasus-kasus pelanggaran dan pencurian yang terjadi merupakan penyebab utama ketidak keberhasilannya merealisasi program mulia tersebut.
Tercatat beberapa kasus perampokan di penangkaran jalak bali pernah terjadi. Pada tahun 2003, perampokan jalak bali di pusat penangkaran jalak bali Tegal Bunder, untuk kesekian kalinya kembali terjadi.
Bahkan pada peristiwa itu, para perampok beraksi secara berkelompok dengan menggunakan senjata api dan bom molotov berhasil membawa kabur sekitar 39 ekor jalak bali yang sedang ditangkarkan, dan tidak menyisakan seekor pun! Peristiwa serupa juga pernah terjadi pada tahun 1999 dan 2000, dan kembali terulang pada Januari 2004.
Kini, demi keamanannya, lokasi penangkaran seluas 1 hektare tersebut dikelilingi dua lapis pagar kawat yang dialiri listrik pada malam hari. Lokasi penangkaran itu juga dilengkapi beberapa bangunan, lampu sorot berkekuatan tinggi, alarm, dan menara pengintai.
Sejak beberapa bulan lalu penjaganya yang terdiri dari polisi kehutanan itu dibekali senjata api semi-otomatis jenis PM1A1. Polisi kehutanan tersebut siaga selama 24 jam penuh. Departemen Kehutanan tampaknya amat serius menjaga satwa langka itu.
Kasus pencurian jalak bali tidak hanya terjadi di pusat penangkarannya di Tegal Bunder. Kasus pencurian jalak bali juga pernah terjadi di Kebun Binatang Surabaya, Taman Safari Indonesia, Taman Burung TMII Jakarta, Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta.* pw1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s