Yayasan BnR Menggugah Batam Menggelar Kontes Tingkat Asean

Standar

oleh : Prayogi Waluyo

Promosi kontes burung berkicau Presiden Cup di Senayan Jakarta 13 Desember 2009 mendatang sudah digebyar. Road to I berlabel Visit Batam 2010 experience it di kota Batam yang dihelat di Shangrila Garden, Sekupang Batam (11/10) dan dibuka oleh Asisten walikota bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Syamsul Bahrum Msi. Psd

Acara seremonia yang dimulai 09.30, selain dihadiri segenap pengurus BnR Pusat dan cabang Batam serta pemimpin redaksi tabloid BnR  juga pejabat pemerintahan kota Batam, yakni Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Guntur Sakti, Kadis Perhubungan Muramis dan wakil ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Suryo Respatiano.

Kamiluddin selaku ketua lomba dan Ketua BnR Pusat dalam sambutannya menyampaikan visi-misi dan program yayasan BnR menggelar kontes burung berkicau di kota Batam untuk mendukung Visit Batam 2010. Yayasan BnR sangat mendukung penuh  program pemerintah kota Batam dalam mengembangkan dunia pariwisata, industri kota Baru Barelang sehingga menjadikan kota Batam kunjungan kedua wisata sesudah Bali.

Sedangkan H. Syamsul Bahrum, mewaklili Walikota Batam, H. Ahmad Dahlan yang berhalangan hadir nampak sangat tertarik dan mendukung dengan adanya kontes burung berkicau yang digelar di kota Batam. Ia berharap agar kontes burung berkicau dapat dikemas lebih baik lagi sehingga bisa bertaraf internasional.

Selaku salah satu panitia pengarah Visit Batam 2010 ia berharap dana ke pemerintah provinsi melalui perubahan anggaran 2010 agar  kontes burung berkicau tingkat Asian dapat digelar di kota Batam. Bahkan mulai hari ini (11/10 red) ia meminta pengelola Taman Kota Shangrila Garden menjadi salah satu tempat permamen untuk kontes burung berkicau di kota Batam.

Pernyataan H. Syamsul Bahrum sontak mendapat tepuk tangan dari panitia dan kicau mania khususnya dari kota Batam. Mereka nampak senang lantaran hobi burung berkicau di kota Batam bakal berkembang dengan adanya kepedulian dari pemerintah.

Guntur Sakti, menyatakan pihaknya akan membantu semaksimal mungkin apabila ada rencana gelaran kontes burung. “ Setidaknya kami dapat membantu publikasi di berbagai media dan menyelaraskan dengan program pemerintah. Sehingga event tersebut mampu menarik animo dari berbagai daerah di luar Batam,”ujarnya.

Ia juga mengakui bahwa kontes burung berkicau akan berdampak positif terhadap kota Batam sebagai destinasi pariwisata. “ Dengan hadirnya penghobi burung berkicau ke kota Batam maka secara otomatis banyak pihak yang diuntungkan. Sebagai contoh pengunjung pasti butuh taxi untuk transportasi keliling kota Batam. Mereka juga butuh hotel sebagai tempat istirahat. Belum lagi yang suka belanja,” paparnya.

Maka ia menghimbau kepada semua pihak, apabila punya program menggelar kontes burung berkicau, hendaknya dapat koordinasi jauh sebelum hari pelaksanaan. Tujuaannya agar event tersebut dapat dikonsep dan dikoordinasi dengan pihak terkait dengan harapan gebyar event tersebut dapat direspon oleh semua pihak, baik yang ada di kota maupun di luar daerah Batam.

Peran penghobi burung berkicau patut diakui sebagai penyambung promosi suatu daerah yang pernah mereka kunjungi. Kenyataan ini nampaknya belum disadari pihak pemerintah khususnya dari dinas pariwisata. Tak sekadar itu, di dunia hobi burung berkicau telah banyak memunculkan pelaku ekonomi kreatif dan berkembang tanpa harus menunggu tali asih pemerintah.

Pontesi itulah yang ingin dioptimalkan oleh yayasan BnR melalui program kemitraan. Menurut Boy AG pendiri yayasan BnR, telah banyak pelaku usaha sangkar dan penangkar burung yang telah menjalin kemitraan dengan yayasan yang belum genap 1 tahun ia dirikan. *

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s